Selasa, 09 September 2008

Jawaban soal mid test 2008 produktif

Jawaban Essay

1. Jelaskan apa yang di maksud dengan:a. Routerb. Switch/Hubc. Modemd. Lan Carde. IP Address
Router adalah sebuah
alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI
Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Kartu jaringan (
Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan
Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

2. Sebutkan program-program yang berjalan di atas Sistem Operasi Windows yang berlicensi gratis (free licensi)! Minimal 10
Firefox 3.0.1
WindowBlinds 6.2
Winamp 5.541 Full
DAEMON Tools Lite 4.30.1
Adobe Reader 9.0
Flash Player 10 RC (IE)
RealPlayer 11.0.0.453
Thunderbird 2.0.0.16
WinRAR 3.80 Beta 5
RocketDock 1.3.5

3. Sebutkan macam-macam distro linux yang anda ketahui! Minimal 10
1. Xandros2. Ubuntu3. Fedora4. Mandrake 105. Fedora Core 46. Lycoris7. Knoppix 3.68. Simply Mepis9. Redhat 9
10. Suse
4. Sebutkan macam-macam virus yang belakangan ini menyerang sistem operasi Windows dan jelaskan dampak dari terkena virus tersebut
· Stealth virusVirus ini namanya virus siluman yang menahan perintah computer yang menggandakan dirinya,
· Worm
"Binatang" ini hampir sama seperti virus, dia juga menggandakan diri dan mempunyai perbedaan penginfeksiannya.Kalau virus membutuhkan media file yang ditempelinya , maka worm ini tidak memerlukan file tunggangan melainkan hanya menjalar atau bergerak melalui jaringan jaringan.
Parvo virus W32 Parvo adalah virus yang mampu menyerang komputer remote dan mengembangkan dirinya pada komputer lain melalui jaringan..
5. Sebutkan urut-urutan warna pada kabel lan untuk membuat sambungan Cross dan Straight!
Berikut ini adalah urutan pengabelan Straight :Ujung A
1.Putih Orange
2.Orange
3.Putih Hijau
4.Biru
5.Putih Biru
6.Hijau
7.Putih Coklat
8.Coklat
Ujung B
1.Putih Orange
2.Orange
3.Putih Hijau
4.Biru
5.Putih Biru
6.Hijau
7.Putih Coklat
8.Coklat
Berikut ini adalah urutan pengabelan Cross :Ujung A
1.Putih Orange
2.Orange
3.Putih Hijau
4.Biru
5.Putih Biru
6.Hijau
7.Putih Coklat
8.Coklat
Ujung B
1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Putih Orange
4. Biru
5. Putih Biru
6. Orange
7. Putih Coklat
8. Coklat

Tidak ada komentar: